68.052 PEMILIH DIAKOMODIR KPU KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR (KKT)

Jumat, 18 Desember, Bertempat di Gedung Kantor KPU Kab. Kepulauan Tanimbar (KKT), KPU KKT telah melaksanakan Rangkaian Kegiatan Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2020 periode Januari – Desember 2020 sesuai Surat Edaran Ketua KPU RI No : 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 tanggal  28 Februari 2020. Dalam kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap bulan pada tahun 2020 ini, BAWASLU Kab. Kepulauan Tanimbar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipiln (DISDUKCAPIL), pimpinan Partai Politik serta pemangku kepentingan hadir dalam kegiatan dimaksud.

Dari jumlah Pemilih sebanyak 68.746 dengan rincian Pemilih laki-laki sebanyak 33.549 dan Pemilih Perempuan sebanyak 35.197 yang tersebar pada 10 Kecamatan pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selama masa Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan periode Januari-Desember 2020 data pemilih yang ada mengalami perubahan sesuai dengan kategori pemilih, ( baca Tabel 1, Tabel 2) baik itu pemilih yang dikategorikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maupun Pemilih Baru. Sehingga dari data awal bulan januari diatas, mengalami perubahan pada Triwulan IV ini sebanyak 68.052 Pemilih dengan rincian 33.169 pemilih laki-laki dan 34.883 Pemilih Perempuan.

Dalam Rapat Pleno DPB yang dipimpin langsung oleh ketua KPU KKT P. Regen Lartutul, S.Sos menyampaikan terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, baik itu masalah Eksternal seperti tidak dapat diaksesnya Aplikasi Kependudukan (ceknik.kpu) selama bulan Januari-November 2020. Sehingga data pemilih yang ada mengalami penurunan karena hanya data pemilih TMS (meninggal, TNI/POLRI & Pindah Keluar) yang dapat di akomodir dalam DPB tahun 2020 dan juga masalah internal seperti minimnya partisipasi masyarakat dalam pelaporan data pemilih. (laporan masyarakat dapat dilakukan melalui form ini : Form DPB KPU KKT)

KPU KKT mengambil inisiatif untuk gencar melakukan sosialisasi dan inovasi agar rampungnya Data Pemilih yang valid. Dengan menggunakan treatment, KPU KKT  terus berusaha untuk gencar melakukan Sosialisasi lewat social media resmi baik itu Facebook, Twitter, Instagram bahkan Website KPU Kab. Kepualan Tanimbar . Ini merupakan salah satu bentuk dari banyaknya inovasi yang dilakukan KPU KKT dalam era digital saat ini yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pelaporan Daftar Pemilih.

Dalam kegiatan Rapat Pleno Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dihadiri pihak-pihak eksternal, BAWASLU, DISDUKCAPIL, dan Partai Politik juga menyatakan siap memberikan dukungan kepada KPU KKT dalam menyiapkan data Pemilih yang berkualitas demi terpeliharanya Hak Konstitusi Masyarakat di Bumi Duan Lolat.

Tabel Perubahan Data Pemilih Berkelanjutan Periode 2020

 

Informasi lewat Sosial Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
#KPUMelayani, Ada Pertanyaan hubungi kami.